Minggu, 19 Mei 2013

RPP Kompensatoris BKPBI


(TUGAS KULIAH)
PROGRAM LAYANAN KOMPENSATORIS
(INTERVENSI DINI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS)

Program Pengembangan         : Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama (tunarungu)
Hari/tanggal                            : senin, 3 januari 2011

A.    Tujuan
Siswa mampu mendengarkan ada dan tidak adanya bunyi-bunyi musik dengan memberi respon gerakan yang diperintahkan oleh guru dengan benar.

B.     Baseline
Anak sudah dapat menyadari ada dan tidaknya bunyi

C.    Materi
Bunyi-bunyi musik terpilih dengan kekerasan 90 dB atau lebih. Bunyi-bunyi tersebut diantaranya:
·         Organ
·         Rebana
·         Gong

D.    Metode
Percakapan, reaktif, pemberian tugas, dramatis

E.     Sarana prasarana
Alat-alat musik terpilih yaitu,
·         Organ
·         Rebana
·         Gong





F.     Kegiatan intervensi untuk anak
Kegiatan awal
-          Mengecek alat bantu dengar
-          Mengecek alat-alat musik yang akan digunakan
-           Meletakkan alat-alat tersebut di balik dinding atau di balik kain sehingga siswa tidak dapat melihat alat musik apa yang dibunyikan
-          Memposisikan anak sesuai dengan tingkat ketulian dengan sumber bunyi
-          Mempercakapkan materi yang akan disampaikan
Kegiatan Inti
Kegiatan pertama
·         Siswa di ajak untuk berbaris sesuai yang diperintahkan guru
·         Guru membunyikan salah satu alat musik lalu siswa ditanya apakah ada bunyi.
·         Guru tidak membunyikan apapun lalu siswa ditanya apakah ada bunyi
·         Guru memberi penjelasan kepada siswa yaitu ketika mendengar bunyi maka siswa diminta untuk meloncat namun apabila tidak ada bunyi maka siswa diminta untuk diam ditempat.
·         Guru kembali membunyikan salah satu  alat musik
·         Apabila siswa melakukan dengan benar maka berikanlah pujian.
·         Apabila ada yang belum bisa mengidentifikasi bunyi-bunyi alat musik tersebut maka guru akan membawa siswa ke panggung getar agar siswa dapat merasakan bunyi tersebut

Kegiatan kedua
·         Guru kembali mengatur barisan siswa
·         Guru memberi penjelasan bahwa nanti akan dibunyikan suara alat musik yaitu, gong, organ, dan rebana dan siswa diminta mengidentifikasi bunyi tersebut dengan cara bergoyang jika mendengar bunyi gong, bertepuk tangan jika mendengar bunyi organ, jalan di tempat jika mendengar bunyi rebana .
·         Guru membunyikan organ sebanyak 3 kali lalu guru mulai bertepuk tangan sambil bertanya bertanya suara apakah itu?
·         Guru membunyikan rebana sebanyak 3 kali lalu guru mulai jalan di tempat sambil bertanya suara apakah itu?
·         Guru membunyikan gong sebanyak 3 kali lalu guru mulai bergoyang sambil bertanya suara apakah itu?
·         Guru membunyikan ketiga alat musik secara acak dan siswa diminta menebak bunyi tersebut.

Kegiatan ketiga
·         Guru kembali mengatur barusan siswa
·         Guru memberi penjelasan bahwa siswa diminta untuk menentukan berapa kali bunyi yang akan diperdengarkan oleh siswa,
·         Guru membunyikan alat musik sebanyak 5 kali lalu guru menanyakan siswa berapa kali bunyi tersebut
·         Guru membunyikan sebanyak 1 kali lalu guru menanyakan kepada siswa berapa kali bunyi tersebut diperdengarkan
·         Guru membunyikan sebanyak 3 kali lalu guru kembali menanyakan kepada siswa berapa kali bunyi tersebut

Penutup
·         Lakukan pengamatan aktivitas yang telah dilakukan
·         Lakukan pengamatan terhadap respon siswa

G.    Penilaian
Penilaian dapat dilakukan dengan menggunakan lembar penilaian berikut ini









LEMBAR PENILAIAN
Text Box: Nama Anak	:  ......................................................	Kelas : ......................................
Sekolah	:  ......................................................	Guru  : ......................................
NO
Materi
Perintah
Respon
Penguasaan
Ya
Tidak
1
Menyadari bunyi alat musik
Ada bunyi
Melompat


2
 Mengidentifikasi bunyi gong
bunyi apakah itu
Bergoyang,


3.
Mengidentifikasi bunyi organ
bunyi apakah itu
bertepuk tangan


4.
Mengidentifikasi bunyi rebana
bunyi apakah itu
jalan di tempat


5.
Menentukan jumlah bunyi yang diperdengarkan
Berapa kali bunyinya
Menyebutkan jumlah bunyi yang diperdengarkan



KETERANGAN PENILAIAN

MATERI

RESPON YANG DITAMPILKAN

NILAI

1.   menyadari adanya bunyi
Tidak  melompat
1
Melompat karena melihat teman
2
Melompat tetapi terlambat
3
Melompat sendiri tanpa bukan karena melihat teman dan tepat waktu
4
2.   Mengidentifikasi bunyi gong
Diam. Tidak bergoyang  
1
Tidak bergoyang karena salah
     2
Bergoyang karena melihat teman
3
Bergoyang dengan tepat
4
3.   Mengidentifikasi bunyi organ
Diam, tidak bertepuk tangan
1
Tidak bertepuk tangan karena salah
2
Bertepuk tangan karena melihat teman
3
Bertepuk tangan dengan tepat
4
4.   Mengidentifikasi bunyi rebana

Diam, tidak jalan di tempat
1
Tidak jalan di tempat karena salah
2
Jalan di tempat karena melihat teman
3
Jalan di tempat dengan tepat
4
5.   Menentukan jumlah bunyi yang diperdengarkan
Tidak menjawab
1
Salah menentukan jumlah bunyi
2
Benar menentukan jumlah bunyi tetapi melihat teman
3
Benar menentukan jumlah bunyi tanpa melihat teman
4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar