PROGRAM LAYANAN KOMPENSATORIS
(INTERVENSI DINI ANAK BERKEBUTUHAN
KHUSUS)
Program Pengembangan :
Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama (tunarungu)
Hari/tanggal :
senin, 3 januari 2011
A.
Tujuan
Siswa mampu
mendengarkan ada dan tidak adanya bunyi-bunyi musik dengan memberi respon
gerakan yang diperintahkan oleh guru dengan benar.
B.
Baseline
Anak sudah dapat menyadari ada dan
tidaknya bunyi
C.
Materi
Bunyi-bunyi musik
terpilih dengan kekerasan 90 dB atau lebih. Bunyi-bunyi tersebut diantaranya:
·
Organ
·
Rebana
·
Gong
D.
Metode
Percakapan, reaktif,
pemberian tugas, dramatis
E.
Sarana prasarana
Alat-alat musik terpilih yaitu,
·
Organ
·
Rebana
·
Gong
F.
Kegiatan intervensi untuk anak
Kegiatan
awal
|
-
Mengecek alat bantu dengar
-
Mengecek alat-alat musik yang akan digunakan
-
Meletakkan alat-alat tersebut di balik dinding
atau di balik kain sehingga siswa tidak dapat melihat alat musik apa yang
dibunyikan
-
Memposisikan anak sesuai dengan tingkat
ketulian dengan sumber bunyi
-
Mempercakapkan materi yang akan disampaikan
|
Kegiatan
Inti
|
Kegiatan pertama
·
Siswa di ajak untuk berbaris sesuai yang
diperintahkan guru
·
Guru membunyikan salah satu alat musik lalu
siswa ditanya apakah ada bunyi.
·
Guru tidak membunyikan apapun lalu siswa
ditanya apakah ada bunyi
·
Guru memberi penjelasan kepada siswa yaitu
ketika mendengar bunyi maka siswa diminta untuk meloncat namun apabila tidak
ada bunyi maka siswa diminta untuk diam ditempat.
·
Guru kembali membunyikan salah satu alat musik
·
Apabila siswa melakukan dengan benar maka
berikanlah pujian.
·
Apabila ada yang belum bisa mengidentifikasi
bunyi-bunyi alat musik tersebut maka guru akan membawa siswa ke panggung
getar agar siswa dapat merasakan bunyi tersebut
Kegiatan kedua
·
Guru kembali mengatur barisan siswa
·
Guru memberi penjelasan bahwa nanti akan dibunyikan
suara alat musik yaitu, gong, organ, dan rebana dan siswa diminta
mengidentifikasi bunyi tersebut dengan cara bergoyang jika mendengar bunyi
gong, bertepuk tangan jika mendengar bunyi organ, jalan di tempat jika
mendengar bunyi rebana .
·
Guru membunyikan organ sebanyak 3 kali lalu
guru mulai bertepuk tangan sambil bertanya bertanya suara apakah itu?
·
Guru membunyikan rebana sebanyak 3 kali lalu
guru mulai jalan di tempat sambil bertanya suara apakah itu?
·
Guru membunyikan gong sebanyak 3 kali lalu
guru mulai bergoyang sambil bertanya suara apakah itu?
·
Guru membunyikan ketiga alat musik secara acak
dan siswa diminta menebak bunyi tersebut.
Kegiatan ketiga
·
Guru kembali mengatur barusan siswa
·
Guru memberi penjelasan bahwa siswa diminta
untuk menentukan berapa kali bunyi yang akan diperdengarkan oleh siswa,
·
Guru membunyikan alat musik sebanyak 5 kali
lalu guru menanyakan siswa berapa kali bunyi tersebut
·
Guru membunyikan sebanyak 1 kali lalu guru
menanyakan kepada siswa berapa kali bunyi tersebut diperdengarkan
·
Guru membunyikan sebanyak 3 kali lalu guru
kembali menanyakan kepada siswa berapa kali bunyi tersebut
|
Penutup
|
·
Lakukan pengamatan aktivitas yang telah
dilakukan
·
Lakukan pengamatan terhadap respon siswa
|
G.
Penilaian
Penilaian dapat dilakukan
dengan menggunakan lembar penilaian berikut ini
LEMBAR
PENILAIAN
NO
|
Materi
|
Perintah
|
Respon
|
Penguasaan
|
||
Ya
|
Tidak
|
|||||
1
|
Menyadari bunyi alat musik
|
Ada bunyi
|
Melompat
|
|||
2
|
Mengidentifikasi bunyi gong
|
bunyi apakah itu
|
Bergoyang,
|
|||
3.
|
Mengidentifikasi bunyi organ
|
bunyi apakah itu
|
bertepuk tangan
|
|||
4.
|
Mengidentifikasi bunyi rebana
|
bunyi apakah itu
|
jalan di tempat
|
|||
5.
|
Menentukan jumlah bunyi yang diperdengarkan
|
Berapa kali bunyinya
|
Menyebutkan jumlah bunyi yang diperdengarkan
|
|||
KETERANGAN PENILAIAN
MATERI
|
RESPON YANG DITAMPILKAN
|
NILAI
|
1.
menyadari
adanya bunyi
|
Tidak melompat
|
1
|
Melompat karena melihat teman
|
2
|
|
Melompat tetapi terlambat
|
3
|
|
Melompat sendiri tanpa bukan karena melihat teman dan
tepat waktu
|
4
|
|
2.
Mengidentifikasi bunyi gong
|
Diam.
Tidak bergoyang
|
1
|
Tidak bergoyang karena salah
|
2
|
|
Bergoyang karena melihat teman
|
3
|
|
Bergoyang dengan tepat
|
4
|
|
3.
Mengidentifikasi bunyi organ
|
Diam, tidak bertepuk tangan
|
1
|
Tidak bertepuk tangan karena salah
|
2
|
|
Bertepuk tangan karena melihat teman
|
3
|
|
Bertepuk tangan dengan tepat
|
4
|
|
4.
Mengidentifikasi bunyi rebana
|
Diam, tidak jalan di tempat
|
1
|
Tidak jalan di tempat karena salah
|
2
|
|
Jalan di tempat karena melihat teman
|
3
|
|
Jalan di tempat dengan tepat
|
4
|
|
5.
Menentukan jumlah bunyi yang diperdengarkan
|
Tidak menjawab
|
1
|
Salah menentukan jumlah bunyi
|
2
|
|
Benar menentukan jumlah bunyi tetapi melihat teman
|
3
|
|
Benar menentukan jumlah bunyi tanpa melihat teman
|
4
|
Terimakasih
BalasHapusSangaaaat membantu
BalasHapus