Selasa, 02 April 2013

Tangan Kasar




Seperti biasa setiap pagi gw selalu melaksanakan tugas wajib gw sebagai anak rumah tangga yaitu menyapu dan mengepel. Mau berangkat kuliah sepagi apapun gw diwajibkan menuntaskan tugas tersebut sebelum memulai aktivitas. Akhir-akhir ini gw menyadari bahwa tangan gw pun menjadi sedikit kering dan kasar karena melaksanakan tugas mulia tersebut. Gw ingat dulu waktu  gw masih SD kira-kira kelas 5 dan saat itu gw masih tinggal di daerah Cipete Selatan. Gw sering dicengin gara-gara tangan gw kelewat mulus maklum lah pada saat itu gw merasa seperti putri mahkota ketika dirumah.

Salah satu teman sekolah gw sebut saja dia Inu bilang begini. ” Nggie coba lihat tangan kamu dong.” dengan muka lugu gw menyodorkan tangan gw. Lalu ia mengelus-elus telapak tangan gw. ”Ih tangan kamu alus amat, pasti kamu dirumah gak pernah kerja ya, hayo ngaku!” Gw yang masih terkejut hanya mengangguk pasrah.
” Kamu tau gak sih kalau orang yang tangannya alus kaya gini gak bisa nikah?”
Gw tambah kaget apa hubungannya antara tangan halus dengan pernikahan? Gw mulai membayangkan apakah sang cowok akan berpikir ulang untuk menikahi gw ketika pada saat akan melamar ia sudah dalam posisi berlutut memegang tangan gw dan bilang.

”Yang, aku tadinya mau melamar kamu tapi gak jadi karena tangan kamu halus...” Lalu gw bertanya pada si Inu. ”Gak bisa nikah! emang kenapa?”
”Cewek kalau tangannya halus itu biasanya gak bisa kerja nggie, kayak kamu gitu.”

Sialan!!! dia bener!!! Gw mulai membayangkan kelanjutan dari kronologi kisah gagal dilamar lagi, ” Yang, Aku takut kamu tidak bisa mengurus rumah tangga kita, anak-anak kita, maafkan aku syang.” Lalu ia berdiri kemudian pergi dan tak kembali. Gw hanya bisa berkata ” Sayang......comeback...comeback....” ala Film Titanic ketika Rose memanggil sekoci yang meninggalkannya. Oh ironisnya nasib gw.

Belum habis rasa sedih gw atas kejadian barusan  ketika sampai rumah gw dimarahin nyokap gara-gara tidak membantu pekerjaannya. Hal ini bermula dari nyokap melihat anak sebelah yang bernama Linda yang juga teman main dan teman satu sanggar tari juga. Maklum lah rumah kami berdempetan yaitu kontrakan 3 pintu yang antar rumah dibatasi oleh ½ bata, ½ triplek sehingga ketika ada keributan sedikit di rumah tetangga pasti dengar. Gw dan Linda juga kadang saling berkomunikasi di balik triplek itu.

Back to nyokap, gw yang lagi asyik nonton TV sang nyonya besar menyindir gw karena melihat Linda yang rajin membantu ibunya dengan bilang, ”Coba kamu lihat Linda dia rajin nyapu, ngepel, nyuci piring Nggie. Coba kamu kerjaannya cuma main aja.” Gw berlagak cuek dengan tidak menatap nyokap dan terus menonton TV. Ia melanjutkan, ”Kamu ini sebagai perempuan kalau gak mulai belajar kerja dari sekarang berabe nanti kalau udah berumah tangga.” duh si mama gw masih kelas 5 SD ”dapet” aja belum udah diceramahin tentang rumah tangga, otak gw pada saat itu belum nyambung sehingga gw masih bersikap cuek. Tetapi karena merasa tidak diperhatikan nyokap dengan emosi malah bilang, ”Mulai sekarang tiap sore kamu harus nyapu sama ngepel, gak boleh main kalau belum beres.” nyokap pun ngeloyor keluar rumah untuk bergosip dengan ibu-ibu di warung depan.

MAMPUSSSS...nyokap gw ngamuk. Awalnya gw menganggap apa yang ia bilang cuma gertakan saja tetapi keesokan harinya gw benar-benar tidak boleh main jika belum menuntaskan tugas gw. Gw jadi ingat kata-kata si Inu kalau perempuan bertangan halus karena dirumah gak pernah ngapa-ngapain selamanya tidak akan menikah. Takut semua itu terjadi pada gw, pada akhirnya gw pun tergerak melakukan tugas itu dan berpikir bahwa mungkin inilah saatnya gw belajar mengerjakan pekerjaan rumah tangga.  Ya sudah setelah tidur siang jam 3 sore gw mulai menyapu dan mengepel lantai. Pada saat itu gw mengepel bukan memakai alat pel yang ada gagangnya, tetapi hanya menggunakan selembar kain pel. Hari itu terasa berat untuk gw karena harus jongkok, berdiri, jongkok, berdiri, belum lagi kotoran yang ada di sela-sela sehingga gw harus bersusah payah untuk menggapainya. Kalau sekarang sih sudah pakai pel-an yang ada gagangnya.

Setelah berbulan-bulan menjalani tugas ini disekolah ketika lagi pelajaran olahraga, Inu menghampiri gw, ” Nggie sini aku periksa lagi tangan kamu.”
ia mulai mengelus-elus lagi tangan gw lalu ia tersenyum, ”Wuihh tangan kamu udah mulai kasar kamu udah mulai kerja ya?”
Gw menjawab dengan bangga. ”Iya dong aku kan juga pengen nikah. ” lalu ia menyalami tangan gw dengan bilang, ”Selamat ya kamu udah bisa menikah.” Pada saat itu gw seneng banget karena itu artinya gw gak akan jomblo seumur hidup.

Pekerjaan wajib nyapu dan ngepel masih menjadi tugas rutin yang gw laksanakan sampai saat ini. Bahkan semakin besar tugas gw makin bertambah seperti menyetrika pakaian seminggu sekali, membantu nyuci, atau kadang-kadang bantuin masak. Tugas rutin ini tidak berubah hanya saja jadwalnya yang kadang harus disesuaikan. Ketika SD sampai SMA gw melaksanakannya pada sore hari, tetapi ketika kuliah gw lebih banyak melaksanakan kegiatan tersebut pada pagi hari. Kalau kuliah pagi jam 8, gw harus berangkat jam 5.30 pagi maka gw akan melaksanakan tugas itu sekitar jam ½ 5 pagi karena kadang gw pulang malam, atau kalau pulang sore pun gw udah capek di jalan. Depok-Rawamangun jauh cuy. Ketika ada jadwal ngajar pagi ketika PPL pun gw tidak terlepas dari tugas tersebut walaupun gw tidur malem karena sibuk buat RPP dan media pembelajaran.

Tapi kalau dipikir-pikir pada saat SD kok gw bego banget ya percaya kaitan antara tangan halus dengan pernikahan namun kalau diambil sisi positifnya gw udah gak kaget lagi yang namanya pekerjaan rumah tangga yang berat dan terasa gak selesai-selesai. Gw jadi bisa lebih menghargai nyokap yang mengerjakan pekerjaan rumah tangga sambil mengurus 3 orang anak. Sehingga kalau ditinggal nyokap pulang kampung pun gw bisa mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga dan ini adalah bekal yang berguna ketika nanti gw berumah tangga.

I love you mama dan terima kasih Inu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar